LAYAR PC/LAPTOP BLANK HITAM SEJAK AWAL BOOTING ?

Banyak penyebab mengapa layar jadi blank hitam, dimana ketika dinyalakan tidak ada tampilan sama sekali, bahkan BIOS juga tidak tampil

Hal yang pertama kali kita cek adalah KONDISI RAM. Karena seringnya ram yang bermasalah, bisa jadi ram kendur, kotor atau pemasangannya tidak pas/bergeser karena benturan/getaran atau bahkan RAM mati.

Bongkar RAM, bersihkan kaki terminal kuningannya dengan cara disetip dengan penghapus pensil yang bersih, lalu pasang lagi dengan posisi yang tepat dan benar, nyalakan.

Note :
Untuk jaga jaga, setelah dibersihkan dan sebelum dinyalakan ada baiknya kabel power hdd dicabut dulu karena bisa jadi harus mematikan pc dengan menekan tombol power agak lama jika masih nge-blank

Biasanya jika masalahnya hanya karena debu, dengan cara diatas maka error blank hitam pada layar sudah bisa teratasi.

Jika masih juga nge-blank, perhatikan RAM lagi, ada berapa keping yang dipasang? jika ada satu, ada baiknya ente pasang dislot RAM sebelahnya atau ganti RAM karena bisa jadi RAM sudah mati (bisa pinjam temen, tetangga ... atau RAM dipasang dipc lain untuk mendeteksi apakah RAM masih hidup atau tidak)

Jika RAM ada dua, lepas salah satu dan nyalakan, lakukan hal ini bergantian dengan RAM satunya, barangkali yang masih hidup adalah yang satunya.


Jika RAM benar benar normal tapi masih nge-blank 

cek keadaan VGA.
Jika VGA adalah onboard, silahkan dicoba untuk memasang vga offboard, apakah masih nge-blank atau tidak ?

Jika VGA sudah offboard dari awal, lakukan langkah yang sama seperti pada RAM
Jika RAM dan VGA benar benar normal, maka kerusakan biasanya pada Prosesor atau Chipset (mainboard)

1 Response to "LAYAR PC/LAPTOP BLANK HITAM SEJAK AWAL BOOTING ?"

  1. Laptop saya windows 10, saya ingin merepair windows saya melalui opsi BIOS, pada saat masuk ke BIOS saya memilih first boot adalah usb, setelah itu layar laptop saya blank hitam, saya panik dan saya cabut baterai laptop saya dan saya hidupkan lagi, ternyata laptop saya layar hitam dan tidak ada tampilan menu BIOS lagi, Padahal lampu indikator power sudah nyala, Bagaaimana ini cara mengatasinya?

    ReplyDelete

Syarat :
1. Jika ingin Copy Paste, di harapkan Mencantumkan Sumber
2. Jangan Lupa meninggalkan Pesan komentar
3. Dilarang keras berkomentar mengandung SARA