TIPS MENCEGAH KERUSAKAN HARD DISK / MERAWAT HARD DISK

Pada dasarnya HDD sama saja seperti CD, hanya bedanya disini kalo piringan HDD terbuat dari baja nikel sedangkan CD dari plastik bermuatan elemen magnet.

Apa saja yang perlu diperhatikan agar HDD kita awet ?
1. Disarankan men-defrag isi hardisk kita secara teratur, paling tidak 3 bulan atau setengah tahun sekali. Defraging adalah menyusun ulang letak file file dalam HDD sehingga menjadi rapi dan mudah ditemukan. Hal ini dapat membuat kinerja HDD lebih ringan. silakan bisa menggunakan free defraging tool yang bisa didunlud di internet (googling ajjah dengan keyword "defrager")
Contoh tool defrager : http://www.filehippo.com/download_defraggler/

2. Hindari men-shutdown PC/Laptop secara paksa dengan menahan lama tombol power/mencabut kabel power (jika tidak terpaksa) dan amankan Listrik dari keadaan padam tiba tiba baik karena faktor pemadaman ataupun hubungan singkat atau anjlok dengan UPS (stabilisator yang mampu menyimpan daya listrik sekian menit) sehingga masih ada waktu untuk men-shutdown pc dengan benar.

Men-shutdown PC secara paksa, akan dapat berakibat merusak piringan HDD karena HDD yang sedang berputar dapat tergores head. Bila sudah tergores akan menimbulkan Bad Sector dan HDD akan susah booting atau susah dibaca.
Bayangkan saja bila ente punya kepingan CD yang sudah tergores - gores dan ente masukin ke cdroom untuk dibaca datanya, susah bukan ?

3. Bila hendak membeli HDD, tidak disarankan membeli HDD bekas karena kita tidak tahu pasti bagaimana kondisi piringan HDD tersebut dan HDD juga ada masa pakainya, rata rata minimal 5 tahun
saat membeli HDD, yang bagus adalah yang memiliki segel dari pabrik, bukan segel toko.

4. Ada baiknya pada bagian casing yang berdekatan dengan HDD, diberi kipas pendingin eksternal agar menjaga kondisi suhu HDD agar tidak terlalu panas (Panas berlebihan adalah musuh utama PC).

0 Response to "TIPS MENCEGAH KERUSAKAN HARD DISK / MERAWAT HARD DISK"

Post a Comment

Syarat :
1. Jika ingin Copy Paste, di harapkan Mencantumkan Sumber
2. Jangan Lupa meninggalkan Pesan komentar
3. Dilarang keras berkomentar mengandung SARA